Share

Perahu Balap

Perahu Balap

Project membuat Perahu Balap dengan SCRATCH

โ€œSiapa nih yang suka main game? Bayangin deh, kali ini kita nggak cuma main, tapi kita bikin game sendiri, lho! Project kita kali ini seru banget kita akan membuat game perahu balap! Kalian nggak cuma belajar, tapi juga belajar gimana berpikir kayak seorang profesional, alias menggunakan computational thinking. Di sini, kita bakal lihat langsung gimana coding dan logika bisa membuat perahu melaju kencang di layar kalian. Siap-siap untuk tantangan seru ini.

Tujuan utama dalam Project IT kali ini adalah untuk lebih memahami konsep Computational Thinking dengan mudah dan praktis, tentunya pendekatan melalui sebuah permainan lebih seru dan menyenangkan. Mulai dari konsep Abstraksi, Dekomposisi, Algoritma sampai Pengenalan Pola dapat tertuang dalam satu kegiatan yaitu Project Based Learning.

Dengan ini, semoga kelak ada dari siswa/i Al Anshar dapat membuat sebuah solusi dari berbagai permasalahan yang kompleks melalui sebuah aplikasi, dimana sejak dini dikuatkan dengan pemahaman konsep Computational Thinking secara mendalam serta terimplementasi nyata dalam salah satu proses kegiatan Project IT ini.

Dengan pendekatan project-based learning membuat permainan ini, kamu bakal lebih paham gimana cara kerja logika dan kode di balik sebuah program. Let’s create something awesome together!

Dalam materi ini, kita akan mempelajari cara membuat game balapan sederhana. Pemain menggunakan mouse untuk menavigasi perahu ke pulau tanpa menabrak rintangan.

Apa yang akan kamu buat?

Apa yang kamu butuhkan :

  • Perangkat keras : Laptop yang mampu menjalankan Scratch 3
  • Perangkat lunak : Scratch 3 (baik online maupun offline )

Apa yang akan kita pelajari :

  • Gunakan operator untuk membandingkan angka di Scratch
  • Tambahkan kode untuk mendeteksi saat sprite menyentuh warna di Scratch
  • Gunakan variabel untuk mencatat waktu di Scratch
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

You may also like